Kamis , 24 September 2020

Banjir Bandang Rendam 4 Desa, 3 Jembatan Amblas

MOROWALI,Rajawalipost.com – Banjir bandang hantam Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah, ada empat desa di Kecamatan Mamosalato, terisolir. Banjir terjadi selasa malam sekitar pukul 11:00 .

Warga sempat panik akibat air yang merendam wilayah ini. Empat desa itu di antaranya Desa Tanasumpu, Desa Tananagaya, Desa Girimulya dan Desa Momo.

Tiga jembatan yang merupakan akses utama yang menghubungkan sejumlah desa di kecamatan ini juga terputus diterjang banjir bandang.

Akibatnya aktivitas warga menjadi terganggu bahkan pasokan sembako yang biasa didatangkan dari daerah tetangga seperti Luwuk Banggai kini tidak bisa lagi dilalui.

Selain merendam areal pemukiman warga di empat desa tersebut, banjir  juga merusak sekitar 60 hektar sawah milik warga siap panen.

Tidak hanya itu, akibat banjir ini proses Ujian Nasional bagi siswa Sekolah Dasar di Desa Tanasumpu juga ikut terganggu. Selain sekolah mereka terendam banjir, sejumlah siswa tidak bisa sampai ke sekolah akibat jembatan putus.

Kepala Desa Tanasumpu, Suranto saat dihubungi membenarkan peristiwa banjir bandang ini. “Iya pak, tadi malam jam 11 kejadiannya. Sungai Tanasumpu juga meluap dan menggenangi pemukiman warga,” ujar Suranto (31/5).

Suranto menyayangkan sikap Pemda Morowali Utara yang terkesan tidak serius menangani persoalan bencana di desa mereka.

“Banjir seperti ini sudah menjadi langganan tiap tahun pak. Setiap Musrembang selalu kami usulkan untuk normalisasi sungai serta perbaikan tanggul yang jebol,” ungkap Suranto.

Menurut Suranto, sejak 2008 hingga sekarang tanggul yang jebol tersebut tidak pernah diperbaiki oleh pemerintah. Akibatnya desa mereka pun jadi langganan banjir setiap tahunnya.

“Kasian warga disini pak, pemda sepertinya tidak serius memperhatikan nasib 673 kepala keluarga di desa ini. Jembatan yang putus ini sangat vital bagi kami pak. Pasalnya kebutuhan sehari-hari seperti sembako untuk warga desa kami pasok dari Luwuk,” ungkap Suranto.   (van/sr/ms)

About rajawalipost

Check Also

PN Palu Vonis Bebas Terdakwa Kasus Tabung Gas Elpiji Tidak Sesuai SNI,Mahkamah Agung Menghukum 1 Tahun Penjara

PALU,Rajawalipost.com –  Riady (37) pengusaha di Surabaya, Ibrahim Muslimin (40) selaku distributor tabung LPG di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *