Kamis , 26 November 2020

Pengurus Rapi Dan Orari Parimo Membuka Program Sahur Net

PARIMO, Rajawalipost.com – Pengurus Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) wilayah 07 Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) serta Organisasi Radio Amatir Indonesi (ORARI), pada bulan Ramadhan 1438 Hijria saat ini telah menjalakan program partisipasi sosial bagi penguna freguensi Rapi dan Orari dalam melakukan Cek In radio masing-masing dalam pelaksanaan Sahur Net bagi Rapi dan Torarangan Sahur Net bagi Orari,  kegiatan tersebut selama bulan ramadhan dan mulai pemanggilan untuk melakukan Cek In yang dipandu oleh net kontrol dari pukul 3.00 s/d 4.00 wita.

Kegiatan ini kata ketua Rapi wilayah 07  Kabupaten Parimo Arifin Lamalindu saat di temui media ini disekretariat Rapi Jl. Kampali baru-baru ini, bahwa tujuannya adalah untuk membantu kerja-kerja Pemerintah Daerah (Pemda), pihak Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), pihak Kejaksaan, serta instansi atau dinas terkait yang bekerja sama dalam bidang informasi dan telekomunikasi.

“ Untuk mengecek semua Stasiun dalam hal menghadapi kegiatan operasi ketupat dan oprasi lilin, dan mengsiagakan teman-teman dalam menghadapi kegiatan Teknologi Tepat Guna ( TTG ) yang di laksanakan diKabupaten ini pada bulan September 2017 mendatang”, tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa tugas dan kewajiban bagi rekan-rekan penguna radio baik yang sudah terdaftar atau memiliki kolsain maupun yang belum harus mampu memahami serta memaknai kode etik dan panca bakti Rapi, karena hal tersebut merupakan ladasan dasar dalam berkomunikasi mengunakan radio sehingga informasi yang disampaikan dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan adanya.

“Saya minta pada rekan-rekan pengguna radio diwilayah kerja saya harus beretika dan santun saat berbicara diudara jangan sembarang berbicara yang tidak bisa dipertanggung jawabkan”. Jelasnya.

Ia menambahkan bahwa eksistensi Rapi dan Orari di Kabupaten Parimo dalam hal membantu kerja-kerja Pemerintah, kami telah beberapa kali ikut terlibat berpartispasi menjadi Bankom dalam kegiatan-kegiatan yang diantaranya seperti pada ulang tahun Kabupaten, Festival Sail Tomini (FTT) dan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke IV pada bulan yang lalu.

“Kami telah beberapa kali terlibat dalam kegiatan-kegiatan Pemda pada tahun ini dan sebelumnya juga kami terlibat Bankom dalam Upacara perayaan hari Ulang Tahun Kabupaten, gerak jalan menyambut Ulang tahun Kabupaten, kegiatan FTT mengawal perahu layar, dan Porkab bulan yang lalu”, ungkapnya.

Selain itu kata dia bahwa, untuk menghadapi kondisi cuaca buruk dan ekstrim saat ini maka kami berharap pada penguna stesion radio agar selalu mengaktifkan radionya, karena mengingat ketika ada emergency kita harus siap turun kelapangan untuk saling menbantu, jadi kita dipanggil atau tidak kita sudah harus siaga sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Meteri (Permen)  Nomor 34 tahun 2009.

“melihat kondisi cuaca buruk dan ekstrim saat ini saya menghimbau pada seluruh pengurus, anggota dan simpatisan pengguna stesion Rapi dan Orari agar kiranya selalu mengaktikan radionya masing-masing, karena mengingat kalau terjadi bencana kita sudah siaga untuk turun kelapangan sebagaimana amat dari Permen Nomor 34 tahun 2009”, imbuhnya.

Harapanya agar kiranya pihak lokal monitoring agar selalu memantua pengguna freguensi yang digunakan oleh Rapi dan Orari sehingga ketika ada informasi penting yang harus disampaikan bisa terdengar dengan jelas tanpa ada gangguan lainnya. (Main)

 

About rajawalipost

Check Also

Advokat Kota Palu Bentuk Palu Lawyer Club

PALU,Rajawalipost – Bertempat di Resto and Cafe D”Kalora, pada Sabtu,  24 Oktober 2020,  sejumlah advokat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *