Kamis , 3 Desember 2020
Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai.SE (Foto MAIN)

Abnaul Khairat Parimo, Peringati Haul Akbar Dua Tokoh Agama Kharismatik

PARIMO,Rajawalipost.com  –  Tepat  22 ramadan 1438 Hijria atau Sabtu 17/6/2017 Masehi, para Abnaul Khairat dan kader – kader mudah Alkhairat Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, kembali memperingati Haul Akbar ke 11 dan ke 7 atas dua sosok pendidik yang sekaligus tokoh agama karismatik dan ternama di Parimo yakni KH. Muh. Shaleh Z.A Damar dan KH. Makmur Z.A Damara. Kegiatan tersebut dipusatkan dikompleks pondok pasantren Alkhairat Parigi, berlangsung hikmat dan penuh rasa kekeluargaan.

Dari hasil pantuan media ini dilokasi kegiatan bahwa, pelaksanaan Haul kali ini dihadiri ratusan Abnaul Khairat dan kader-kader mudah Alkhairat yang potensial berasal dari pelosok Kabupaten Parimo, serta kegiatan ini juga tampak dihadiri oleh Wakil Bupati  beserta para kepala-kepala Dinas dijajaran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Parimo, serta para tokoh-tokoh penting diantaranya seperti KH. Daud Toampo,  KH.Moh Kasim Abd Majid sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Parimo serta para ustad, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemudah yang kesemuanya adalah alumni dan simpatisan Alkhairat.

Wakil Bupati (Wabup) Parimo H Badrun Nggai, SE, dalam sambutannya mengatakan bahwa, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan Haul Akbar tersebut, karena hal ini merupakan momentum penting untuk kembali menyatukan presepsi bagi Abnaul Khairat khususnya di Kabupaten Parimo, untuk kembali mengenang jasa-jasa mereka dalam membangun pendidikan islam Alkhairat  sebagai landasan dasar keagaman.

“Saya atas nama mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Parimo sangat mengapresiasi dan menyambut positif pelaksanaan kegiatan ini, karena kedua sosok tokoh karismatik tersebut telah berupaya sekuat tenaga dan tanpa pamri untuk membesarkan pendidikan islam alkhairat di Kabupaten Parimo,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa, kedua sosok tokoh agama dan pendidik tersebut merupakan teladan bagi abnaul khairat di Kabupaten Parimo, karena dengan kegigihan dan ketekunan mereka dalam membesarkan madryasah-madryasah baik itu Ibtidayah, Sanawiyah maupun Aliyah sehingga pendidikan islam alkhairat terus berkembang maju dan pesat.

“Atas perjuangan mereka sebagai tokoh agama dan pendidik di Kabupaten ini sehingga sekolah-sekolah agama islam alkhairat, seperti Ibtidayah sore bagi anak-anak kita yang duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), Sanawiyah sederat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Aliyah setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA),” ungkapnya.

Selain itu kata ketua panitia Haul Ismail Musa bahwa, kegiatan tersebut kita terus lakukan setiap tahunnya, karena kegiatan ini merupakan ajang pertemuan serta kembali membangun hubungan silaturahmi antar sesama abnaul Khairat yang di Kabupaten Parimo.

“Kami selaku panitia saat ini yang dipercayakan oleh para tokoh-tokoh Alkhairat di Parimo mengurus kegiatan tersebut, saya berharap kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin kita setiap tahunnya untuk mengenang tokoh Alkhairat diparigi dan ini menjadi ajang bagi kita abnaul khairat untuk bersilaturahmi,” tutupnya. (Main)

About rajawalipost

Check Also

Tangkapan Ditnarkoba Polda Sulteng Sabu 25 Kg Di Sidangkan

PALU,Rajawalipost – Pengadilan Negeri klas 1A PHI/Tipikor/Palu, akan melaksanakan sidang perkara narkotika 25 kilogram (kg) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *