Kamis , 3 Desember 2020

MENEBAR “VIRUS” CINTA LINGKUNGAN DI PUNCAK GUNUNG KAWATUNA

PALU.Rajawalipost.com – Peserta Diksar (Pendidikan Dasar) bagi anggota baru Siswa Pencinta Alam (Sispala) Pancagiri SMA Negeri 5 Palu, resmi di lepas oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Drs.Djaja Djunaedi,M.Si di halaman sekolah didampingi pembina Osis Mohamad Arief S.sos dan Pembina ekskul Sispala Darman S.P, Sabtu (29/7)

Peserta Diksar Sispala Tiba di puncak Kawatuna (Dok: REVOL)

Kegiatan Ekstra kurikuler (Ekskul) diksar sispala tersebut di laksanakan di Tahura (Taman Hutan Rakyat) Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore berlangsung selama dua hari 29-30 juli, yang diikuti oleh 32 orang peserta didik didampingi 6 orang instruktur dari Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) dan 2 orang guru pembina.

Pembina Osis MOHAMAD ARIEF, S.sos.

Pembina Osis Mohamad Arief di temui di sela sela giat Diksar sispala (30/7) menyampaikan, “Diksar Sispala ini  kami laksanakan setiap tahun usai penerimaan siswa baru,ini merupakan angkatan ke 16 sejak berdirinya sispala pancagiri di sekolah SMA N 5, adapun ekskul lainnya yaitu  pramuka,PMR,KIR,Paskibraka,PIKRR,Sanggar Seni,Risma mesjid,Marcing band,Bola kaki,futsal,takraw,bulu tangkis,karate,taekwondo,basket,volley ball,tennis lapangan dan tenis meja”jelasnya.

Para siswa selain berbagi cerita langsung di alam bebas,peserta juga menerima materi dasar lingkungan, pengetahuan khusus, dan isu-isu kekinian yang menyangkut satwa-satwa dilindungi.

Fadhila siswi berbakat ikut Rock Climbing (Dok: REVOL)

Pemandangan cukup indah serta udara alamnya yang sejuk,mampu menghilangkan rasa capek para peserta Diksar Sispala setelah berjalan dan mendaki gunung cukup jauh. Hal ini tidak menyurutkan semangat mereka  mengikuti aplikasi materi diantarannya Kepencinta alaman,Mountaineering atau Mendaki Gunung serta Rock Climbing atau Panjat Tebing.

Fadhila siswi Kelas X IPS usai mencoba uji adrenalin melakukan aksi Rock Climbing mengatakan,” ini kali pertama sy lakukan dan cukup membuat  jantung saya bergetar, namun saya bangga bisa melakukannya”. Katanya.

Kepala Sekolah  H. Idris Ade S,Pd. M,Si berharap,”siswa-siswi yang mengikuti ekskul Diksar Sispala dapat belajar mengenal alam  dan berperan penting dalam menjaga kelestariannya juga menjaga lingkungan serta dapat melatih kemandirian berorganisasi dan bermental baja serta melatih fisik agar kuat dan sehat.” Ungkapnya.

Kepala Sekolah SMA N 5  Palu H.IDRIS ADE S.Pd. M.Si.

Lanjut katanya, “Peran serta guru dan orangtua murid dalam menebar “virus” cinta lingkungan ini mengandung nilai kesholehan sosial,  selain itu kegiatan ini juga merupakan ajang bagi siswa-siswi  menempa diri serta belajar mengembangkan pengetahuan tentang konservasi. Juga

menjadi sarana mengaktualisasi diri dalam bentuk keterampilan dan ide-ide yang dimiliki. Artinya, peluang berbuat kebaikan untuk alam dan lingkungan menjadi salah satu kewajiban bagi para siswa-siswi SMA Negeri 5 peserta Diksar Sispala”.  Terangnya.   (Revol-RI)

 

About rajawalipost

Check Also

Tangkapan Ditnarkoba Polda Sulteng Sabu 25 Kg Di Sidangkan

PALU,Rajawalipost – Pengadilan Negeri klas 1A PHI/Tipikor/Palu, akan melaksanakan sidang perkara narkotika 25 kilogram (kg) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *