Selasa , 24 November 2020

 Tanda Tanya Saat Megawati dan SBY Bertemu di Istana…

JAKARTA, Rajawalipost.com — Pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Presiden, Kamis (17/8/2017), menjadi sorotan publik.

Maklum saja, setelah SBY menyatakan mundur dari jabatan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan saat era Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Maret 2004 silam, keduanya disebut-sebut terlibat ‘perang dingin’.

Lebih-lebih saat SBY menyatakan maju sebagai bakal calon presiden dalam Pilpres 2004 dan kemudian memenangkannya. Artinya, pertemuan keduanya di masa sekarang ini menjadi momentum membuka kembali sumbatan saluran komunikasi di antara mereka.

Namun, pertemuan SBY dengan Megawati di Istana Presiden yang bertepatan dengan momentum peringatan hari kemerdekaan ke-72 RI ini rupanya masih menyisakan tanda tanya.

Pertanyaannya, apakah Megawati dan SBY terlibat dalam sebuah topik pembicaraan? Bahkan, apakah keduanya juga bersalaman?

Pengamatan Kompas.com selama berlangsungnya upacara bendera, SBY dan Mega tidak berkomunikasi satu sama lain. Sebab, keduanya duduk terpisah.

 

Mega duduk bersebelahan dengan Presiden ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie di kelompok kursi bagian kiri. Sementara, Sementara, SBY bersama istri Ani Yudhoyono duduk di kelompok kursi bagian kanan. Keduanya terpisah karpet merah tempat untuk berjalan.

Momen pertemuan kedua yang lainnya berada di dalam Istana Merdeka. Namun, momen ini lepas dari sorotan kamera karena bersifat tertutup. Sejumlah tamu yang berada di dalam pun tidak ada yang melihat SBY dan Megawati terlibat berbincang-bincang, bahkan bersalaman.

Ketua Umum PPP Romahurmuziy, misalnya. Ia melihat ada SBY dan Mega di dalam Istana Merdeka. Namun, ia tidak melihat keduanya terlibat perbincangan, bahkan bersalaman.

“Saya enggak lihat,” ujar Romi.

Wartawan sempat mengonfirmasi hal tersebut ke SBY sendiri. Namun, ia tidak menjawabnya. SBY malah beranjak dari lokasi wawancara.

“Tolong kasih jalan ya. Maaf, maaf. Baik-baik ya anak-anak, sukses selalu ya, terima kasih ya,” ujar SBY sembari menerobos kerumunan wartawan.

Megawati juga tidak menjawab ketika ditanya hal serupa. Megawati hanya duduk diam di dalam golf car yang ia tumpangi. Yang tersisa dari pertemuan Presiden Jokowi dengan mantan-mantan presiden dan wakil presiden di Istana Merdeka hanyalah foto bersama-sama.

Di dalam foto, ada Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, Wapres Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Kalla, Presiden ketiga RI B.J Habibie, Wakil Presiden keenam Try Sutrisno, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

(KOMPAS.COM)

Penulis : Fabian Januarius Kuwado

Editor : Ana Shofiana Syatiri

About rajawalipost

Check Also

Pengadilan Negeri Palu Menghentikan Pelayanan,Ada Apa?

PALU,Rajawalipost – Pengadilan Negeri kelas 1A PHI/TIpikor /Palu menghentikan sementara pelayanan mulai Jumat (23/10) dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *