Sabtu , 19 September 2020
Kepala Dinas Sosial Kota Palu Nursalam, Kota Palu menjadi pilot project. (Dok:Revol)

KOTA PALU MENJADI PILOT PROJECT PKH DARI KEMENSOS

PALU,Rajawalipost.com – Kota Palu menjadi pilot project Program Warung Gotong Royong (e-warung) ) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Program Warung Gotong Royong (e-warung) Program ini diperuntukkan kepada warga yang merupakan anggota Program Keluarga Harapan (PKH).

Kepala Dinsos Kota Palu, Nursalam mengatakan bahwa  Kota Palu menjadi pilot project mendapatkan jatah 14 peserta PKH  dengan 2 item kegiatan, yakni berbentuk jasa dan warung saat ditemui diruang kerjanya, senin (4/9/17).

“ Warga anggota PKH diberikan kepercayaan mengelola warung tersebut yang berisi komoditi atau kebutuhan masyarakat, jadi pemerintah akan memfasilitasi warungnya dan isinya, “ ujar Nursalam.

Sementara itu untuk jasanya, warung tersebut akan dilengkapi kasir dan internet seperti yang digunakan diswalayan selama ini.

“ kami berharap ini bisa berjalan dengan baik, karena masih uji coba dan  ada pemahaman administrasi yang baik, “ujarnya.

rapat Pemantapan kelompok PKH di Kantor Dinsos Kota Palu (Dok:Revol)

Sementara itu Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palu, Ambo Daleng menjelaskan secara teknis diwarung tersebut akan didampingi oleh supervisor PKH dimana 1 PKH terdiri dari 10 orang anggota PKH yang akan mengelola warung tersebut nantinya.

“14 peserta PKH itu dipilih oleh masing-masing pendamping karena merekalah yang mengenal wilayahnya sendiri, “ ucap Ambo.

Menurut Ambo daleng, yang berbelanja diwarung gotong royong ini adalah anggota PKH itusendiri dan penerima raskin. Karena pada 1 Januari 2018 nanti, tidak ada lagi raskin yang disubsidi oleh pemerintah karena sepenuhnya bantuan social.

“ Artinya tidak ada satu sen pun yang dibayar karena warga sudah menggunakan kartu elektronik yang setiap bulannya sudah terisi Rp. 110 ribu yang dipakai belanja diwarung itu, “ ujarnya menambahkan.

Adapaun dana yang masuk ke kartu elektronik langsung dari pusat, yang ditujukan kepada 12.748 anggota PKH yang tersebar di 8 kecamatan dan 45 kelurahan. (Wn)

 

 

About rajawalipost

Check Also

Terpidana Kasus Tabung Gas Elpiji Tidak SNI Segera Dieksekusi

PALU,Rajawalipost.com – JPU selaku eksekutor segera mengeksekusi terpidana Direktur Utama (Dirut) PT Maju Teknik Utama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *