Rabu , 11 Desember 2019

FKPAPT Parimo Menggelar Diklatsar Gabungan Tiga KPA

PARIMO,Rajawalipost.com  –  Baru – baru ini Forum Komunikasi Pecinta Alam Pantai Timur (FKPAPT) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) gabungan, bagi tiga Kelompok Pecinta Alam (KPA) yang ada didua kecamatan yakni Kecamatan Parigi Tengah dua KPA di Desa Pelawa serta Pelawa Baru dan Kecamatan Parigi Utara satu KPA di Desa Pangi, kegiatan tersebut dipusatkan dihutan perkebunan rakyat di Desa Sakina Jaya Kecamatan Parigi Utara, dengan jumlah peserta kurang lebih 30 orang.

Ketua FKPAPT Kab.Parigi Moutong Didiet Triyanto (Dok.MAIN)

Ketua FKPAPT Didit Triyanto mengatakan bahwa, ketiga KPA yang mengikuti Diklatsar bersama kali ini, merupakan lembaga jaringan dari FKPAPT, ada pun ketiga KPA tersebut yakni Organisasi Pecinta Alam (OPA) Kalibaba Desa Pangi, Kelompok Pendaki Gunung (KPG) Wira Sangulere Desa Pelawa dan Kelompok Pendaki Gunung (KPG)Tirta Kamonji Desa Pelawa Baru.

“ Ketiga lembaga tersebut merupakan bagian dari jaringan  FKPAPT yang ada didua kecamatan baik Parigi Tengah maupun Parigi Utara, “ ungkap ketua FKPAPT saat ditemui media ini dilokasi kegiatan”.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan diklatsar gabungan kali ini adalah merupakan bagian dari visi dan misi FKPAPT dalam hal mempersatukan generasi muda dan hal tersebut juga bagian dari meminimalisir terjadinya konflik internal antar pemuda yang ada didesa.

“ kami melaksanakan diklatsar gabungan ini adalah merupakan visi dan misi kami di FKPAPT, untuk bagaimana bisa mempersatukan generasi muda lewat KPA dan bisa meminimalisir terjadinya tauran antar pemuda yang ada didesa, “ tutur opa didot dalam panggilan akrab sehari-harinya”.

Ia menembahkan bahwa, FKPAPT Kabupaten Parimo sekarang ini mempunyai data lembaga jaringan yang tersebar di 23 Kecamatan kurang lebih 45 lembaga, baik itu yang berdiri sejak tahun sembilan puluan hingga yang berdiri pada tahun ini, dengan jumlah keanggota kurang lebih 1.500 orang.

“ sesuai dengan data yang ada pada kami saat ini bahwa kurang lebih 45 lembaga sudah yang tercatat dalam daftar kami. Ini tersebar di 23 Kecamatan diwalayah Kabupaten Parimo, dengan jumlah anggota kurang lebih 1.500 orang,” ungkapnya “.

Sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia Kab.Parimo SUDIRMAN  (Dok.MAIN)

Ditempat terpisah saat ditemui media ini dilokasi kegiatan, Sudirman selaku sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Parimo mengatakan bahwa, pihaknya sangat mengapresiasi kerja-kerja serta program dari FKPAPT kerena lembaga tersebut merupakan salah satu mitra dari FPTI.

Ia juga menambahkan bahwa, kegiatan diklatsar seperti ini adalah merupakan salah satu momentum awal FPTI melihat mana-mana pemuda atau pun remaja yang mempunyai minat atau bakat bisa menjadi atlet panjat tebing.

“berawal dari diklatsar KPA beginilah biasanya kami bisa melihat kader-kader pemuda dan remaja bisa menjadi atlit panjat tebing, karena saya mengetahui benar bahwa mereka telah diajarkan materi-materi dasar soal cara pengunaan alat alat manjat hingga pada simpul, “ tutup bang odhiet panggila akrabnya yang juga selaku mantan ketua LPAP Elcapitan indonesia Parigi “. (Main)

About rajawalipost

Check Also

Tugiran Mantan Teroris Poso Kini Jualan BBM

PALU,Rajawalipost.Com – Empat belas tahun mendekam di penjara menjadi titik balik bagi Tugiran alias Iran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *