Rabu , 11 Desember 2019

Usai Tetapkan Calon, KPU Donggala Didemo Pendukung Iyamo

DONGGALA,Rajawalipost.Com – Usai penetapan peserta pemilukada 0leh KPU pada sore hari, tiba-tiba muncul ratusan masa pendukung Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Idham Pagaluma – Mohammad Yasin Lataka (Iyamo) dengan tujuan ingin bertemu ketua dan anggota KPUD Donggala. (Senin,12/2/2018)

Dengan mengendarai kendaraan bermotor, sambil orasi konvoi demonstran bergerak mendekati kantor KPUD Donggala, melalui alat pengeras suara meminta kepada KPU agar meloloskan bapaslon yang mereka dukung dari jalur perseorangan tersebut.

Massa Bapaslon Idham Pagaluma, SH – Mohammad Yasin Lataka. SH. MH, yang memperoleh dukungan sah 17.604 KTP tersebut,  terus mendesak aparat kepolisian dari Mako Polres Donggala yang berjaga dan menutup jalan akses menuju kantor “juragan pemilu” itu untuk dibuka karena pendemo ingin bertemu dan berdialog dengan para komisioner.

Setelah sempat dihalau oleh polisi selama 30 menit agar tidak mendekati kawasan “steril” Kantor KPU Donggala, akhirnya barikade polisi dibuka dan ratusan masa demonstran pendukung Iyamo merangsek masuk mendekati gedung kantor KPU Donggala yang bersebelahan dengan Kantor PUBMPR dan SDA Donggala tersebut.

Usai menyampaikan protes dan bertemu para komisioner KPUD, demostran selanjutnya membubarkan diri meninggalkan area kantor penyelenggara Pemilu itu dan pulang ke sekretariat Iyamo di Kelurahan Kabonga Kecil.

Secara terpisah Ketua Panwaslu Kabupaten Donggala, Mohammad Fikri mengatakan, bila mana ada bapaslon perserorangan  mengajukan permohonan dan pendaftaran sengketa kami sebagai lembaga pengawas dan berdasarkan aturan akan tindak lanjuti. Kami juga berharap para paslon atau kontestan dalam pesta politik ini dapat mentaati dan patuh pada aturan yang berlaku.

“Bagi paslon yang ditetapkan diharapkan selalu taat dan patuh pada aturan yang berlaku dan jangan coba-coba melanggar karena pasti kita proses secara hukum, agar pelaksanaan pilkada di Donggala dapat menghasilkan sebuah hajatan demokrasi yang berkualitas dan bermartabat.” Tutup Fikri. (DAD)

 

 

About rajawalipost

Check Also

Dikawal TP4D,Pembangunan Puskesmas Lalundu 3,4 M Terancam Putus Kontrak

DONGGALA,Rajawalipost.com – Pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan gedung Puskesmas Induk (Rawat Inap) di Desa Bukit Indah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *