Selasa , 1 Desember 2020

Jadi Khatib Jum’at Kapolsek Balaesang Beri Kecerdasan Spiritual Pada Masyarakat

 

 

DONGGALA,Rajawalipost.Com – Sosoknya sudah dikenal akrab oleh masyarakat setempat. Ini karena pendekatan yang dilakukan oleh perwira Polri ini terbilang berbeda dari kapolsek lainnya di lingkup Polres Donggala. IPTU Umar rajin turun ke masyarakat, bukan hanya sebagai penegak hukum untuk memberikan kesadaran hukum, tapi juga menjadi khatib setiap sholat Jum’at guna memantik kecerdasan spiritual masyarakat.

Beberapa masjid sudah disambangi dan disambut antusias masyarakat Balaesang dan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala. Jumat (25/1) kali ini, IPTU Umar didampingi Waka Polsek Balaesang IPTU Triyono, Kanit Patroli Bripka Suwandi dan Bhabinkamtibmas Desa Malei Bripka Nanang Efendi serta 4 (empat) personil Polri Sektor Balaesang melaksanakan Sholat Jum’at di Masjid Al-Ikhlas Desa Malei Kecamatan Balaesang Tanjung, Donggala. Perwira Polri ini didaulat menjadi khatib dimasjid tersebut.

Dalam khutbahnya, Umar menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, pentingnya keamanan dalam lingkungan bermasyarakat. Keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Dengan situasi yang aman akan menimbulkan ketenangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Usai sholat Jumat, masih di masjid yang sama, Kapolsek Umar mengingatkan masyarakat sehubungan dengan akan digelarnya pemilu baik Pileg maupun Pilpres yang sudah memasuki masa kampanye, berharap meskipun beda pilihan dan dukungan tidak ada perpecahan dalam masyarakat. “Kita tetap bersama meskipun beda pilihan,” cetusnya.

Di bagian lain Umar menghimbau orang tua dan pemuda, tokoh agama, tokoh masyarkat dan tokoh adat di Desa Dusun III, Desa Malei, Kecamatan Balaesang Tanjung, untuk menjauhi Narkoba. “Selain merusak diri sendiri dari sisi kesehatan, narkoba juga berisiko hukum. Jadi jauhi dan perangilah,” tegasnya.

IPTU Umar juga menambahkan bahwa Personil Polsek Balaesang terus melakukan peningkatan giat Kepolisian baik itu kegiatan patroli siang maupun malam dengan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas serta mencegah timbulnya penyakit masyarakat.

Di antaranya peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba dengan sasaran Anak muda serta remaja dan tempat yang akan di patroli seperti tempat tempat fasilitas umum, obyek vital, Rumah ibadah dan tempat-tempat yang di anggap rawan terjadinya gangguan,lanjut Umar.

Ditegaskan pula, giat kamtibmas dilaksanakan untuk memberikan pesan kepada warga. Apabila pada saat kegiatan patroli tersebut, ada yang kedapatan melakukan perilaku menyimpang, mengganggu situasi kamtibmas segera dilakukan penindakan sesuai dengan prosedur Polri namun, tetap mengedepankan cara-cara yang harmonis dan humanis.

Setelah selesai acara, kemudian dilakukan foto bersama di dalam mesjid Al – Ikhlas terkait Deklarasi Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019 yang aman damai dan sejuk. Hal ini dilakukan untuk menggalang dukungan dari seluruh elemen masyarakat setempat khususnya di Desa Malei Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala demi suksesnya pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 yang aman damai dan sejuk. Pungkas Umar.  (MM/Wies)

 

 

About rajawalipost

Check Also

Tangkapan Ditnarkoba Polda Sulteng Sabu 25 Kg Di Sidangkan

PALU,Rajawalipost – Pengadilan Negeri klas 1A PHI/Tipikor/Palu, akan melaksanakan sidang perkara narkotika 25 kilogram (kg) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *