Rabu , 11 Desember 2019
Anwar Hafid saat menyampaikan Khotbah (Dok: Revol)

Anwar Hafid Khotib Shalat Idul Adha di Kabupaten Sigi Biromaru

Anwar Hafid didampingi Bendahara DPD Partai Demomrat Sulteng H Hidayat Pakamundi .menyerahkan hewan Qurban kepada pengurus Masjid Al Hidayah. (Dok.Revol)

 

SIGI BIROMARU,Rajawalipost.Com – Mantan Bupati Morowali dua periode Drs. H. Anwar Hafid. MSi,  menjadi khotib shalat Idul adha 1440 hijriyah, di Desa Kabobona Kabupaten Sigi Biromaru.  Minggu (11/8/2019).

Ketus DPD Partai Demokrat Provinsi Sulteng mengangkat tema “Hikmah Ibadah Qurban”.

Dalam khotbahnya,Anwar Hafid menyampaikan hari ini seluruh umat Islam di dunia merayakan sebuah perayaan yang agung. Yaitu perayaan Idul Adha. Mengingatkan kepada kita sebuah kisah besar,Allah Subhanahu wa Ta’ala kisahkan di dalam Al-Qur’an,kisah penyembelihan yang agung, penyembelihan  dilakukan Nabi sekaligus kekasih Allah yaitu Nabi Ibrahim ‘Alaihish Shalatu was Salam- yang diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih anak kesayangannya, anak yang telah ia tunggu bertahun-tahun. Namun ternyata ketika diberikan oleh Allah anak, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelihnya.

Hati siapa yang tidak akan merasa bersedih ketika ia diperintahkan untuk menyembelih anak tersayang? Hati siapa  tidak akan merasa berat menghadapi perintah yang sangat pahit seperti itu?

Keimanan berbicara, ketundukan dan kepatuhan (taslim) sangat sempurna kepada Allah Rabbul Izzati wal Jalalah. Ketika Nabi Ibrahim mengemukakan mimpinya itu kepada anaknya yang bernama Ismail.

Dari sejarah inilah umat islam diperintahkan untuk menyembelih hewan qurban yang pada hakekatnya merupakan sebuah ibadah untuk mengingatkan kita semua agar kembali kepada tujuan hidup,yaitu beribadah hanya kepada Allah SWT.

Disebutkan dalam Alquran surat Adz-Dzaariyaat 56, yang Artinya : “Dan tidak Aku ciptakan Jin dan Manusia,selain menyembah kepada-KU.”

Setiap kita yang mengatakan dirinya Islam,mengatakan dirinya beriman, pasti diuji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tapi kita tidak akan diuji seperti ujian Nabi Ibrahim, kita tidak akan diuji seperti ujian Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam, karena ujian seorang hamba disesuaikan dengan keimanannya masing-masing.

Anwar Hafid saat ini  Anggota DPR-RI terpilih juga menekankan bahwa berqurban tidak hanya menyembelih seekor sapi atau kambing, namun  di Hari Raya Idul Adha ini,mengajak kita semua untuk mengorbankan kebiasaan buruk pada diri kita  seperti contoh,jika mendengar adzan berkumandang,kita hanya terlihat santai. Hal seperti ini perlu di korbankan pada diri kita yaitu mengubah kebiasaan buruk.

Harusnya kita cepat melangkah ke masjid bila mendengar suara adzan atau panggilan Allah SWT untuk menyembah ke pada-NYA.

Usai shalat Idul, Anwar Hafid didampingi Bendahara DPD Partai Demomrat Sulteng H Hidayat Pakamundi juga saat ini terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulteng. menyerahkan hewan kurban kepada pengurus Masjid Al Hidayah.

Sebelumnya,Pada Hari Raya  Idul Fitri 1440 hijiriah  6 Juni 2019, Anwar Hafid juga menjadi khotib di Masjid Raya Kecamatan Banawa Induk Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Penulis : Agus Manggona

Editor   : Revol

 

About rajawalipost

Check Also

BKKBN Sosialisasi KKBPK Di Kulawi Selatan

SIGI,Rajawalipost.com -Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Perwakilan Sulteng, kembali menggelar sosialisasi dan advokasi Kependudukan, Keluarga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *