Minggu , 29 November 2020

Mari Sukseskan Musda KAI Sulteng

Ketua DPD KAI Sulteng, Riswanto Lasdin. (Foto: Ikram)

PALU,Rajawalipost.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Sulawesi Tengah (Sulteng) akan menggelar musyawarah daerah (Musda), Sabtu,(18/1/2020).

Musda beragendakan pemilihan ketua dan pengurus DPD KAI Sulteng Periode 2020-2025.

Ketua DPD KAI Sulteng, Riswanto Lasdin, jumat,(20/12) mengatakan, Musda akan di ikut ratusan Advokat KAI dari 13 kabupaten/kota dibawah naugan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) KAI di Sulteng.

” MUSDA nantinya akan di buka secara resmi Presiden KAI, Adv. Siti Jamaliah Lubis, akan menilai pertanggungjawaban ketua dan pengurus lama, selain itu memilih ketua dan pengurus baru DPD untuk periode 2020-2025, ” katanya.

Dia , sangat apresiasi kerja panitia MUSDA, di ketuai Adv. Akhrul Udaya dan Steering Comite di ketuai Adv. Hendrik Lumabiang.

” saat ini panitia masih terus melakukan persiapan-persiapan pematangan agenda acara, demi suksesnya kegiatan, ” ujarnya.

Dia mengatakan, akhir tahun 2019, sangat penting bagi DPD KAI Sulteng, di tandai dengan berakhirnya masa kepengurusan DPD KAI Sulawesi Tengah periode 2015-2020.

Ia mengatakan, organisasi profesi advokat (KAI) merupakan organisasi advokat yang lahir berdasarkan ketentuan UU No. 18 tahun 2003 tentang Advokat.

” Yang kemudian dalam perkembangan dinamika organisasi advokat di Indonesia, ditegaskan melalui Putusan Mahkamah Konstitusi No. 101 Tahun 2009 serta Surat Ketua MA no. 073 tahun 2013, ” ujarnya.

Kini KAI kata dia, telah memiliki pengurus disemua Provinsi di Indonesia, termasuk di Sulteng, Khusus di Sulteng, DPD KAI Sulteng lahir tahun 2009, yang dalam perjalanannya, DPD KAI Sulteng periode 2015-2020, dimasa kepemimpinannya, telah membentuk 7 pengurus tingkat Kabupaten dan kota.

Lebih lanjut kata dia, adapun pengurus tingkat kabupaten/Kota yang terbentuk adalah DPC KAI Kota Palu, DPC KAI Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Tolitoli, Buol DPC Poso, dan DPC KAI Kabupaten Banggai.

” Hal ini mengikuti jumlah Pengadilan Negeri yang ada di Sulawesi Tengah, ” katanya.

Dia mengatakan, DPD KAI Sulteng dalam terobosannya, telah melahirkan para Advokat diwilayah-wilayah dahulu belum memiliki Advokat, sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan.

” Kini, Advokat KAI telah berjumlah 200 orang, tersebar disemua wilayah kabupaten/Kota disulawesi tengah, yakni 13 kabupaten, telah bekerja profesional mendampingi para pencari keadilan, ” ujarnya. (Revol)

About rajawalipost

Check Also

Tangkapan Ditnarkoba Polda Sulteng Sabu 25 Kg Di Sidangkan

PALU,Rajawalipost – Pengadilan Negeri klas 1A PHI/Tipikor/Palu, akan melaksanakan sidang perkara narkotika 25 kilogram (kg) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *