Jumat , 29 Mei 2020
Kantor Pengadilan Negeri KLAS 1A/PHI/TIPIKOR Palu. (Dok: Revol)

Pengadilan Negeri Klas IA Palu Ketambahan Enam Hakim Baru

Marliyus, MS, S.H., M.H. (Dok: Revol)

PALU,Rajawalipost.com – Pengadilan Negeri (PN) Klas IA/PHI/Tipikor Palu akan ketambahan enam orang hakim baru.

Keenam hakim tersebut, yakni I Ketut Darpawan, S.H. dari PN Situbondo, Mahir Zikkiza, S.H. dari PN Palopo, Suhendra Saputra, S.H., M.H. dari PN Poso, Anthonie Spilkan Mona, S.H. dari PN Bitung, Yakobus Manu, S.H. dari PN Selong serta Panji P Prasetyo, S.H. dari PN Watampone.

“Ini baru TPM (Tim Promosi Mutasi) tertanggal 11 Maret 2020 yah. Biasanya SK (Surat Keputusan) ada satu bulan (setelah TPM),” tutur Wakil Ketua PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu, Marliyus, MS, S.H., M.H. saat berbincang-bincang dengan sejumlah wartawan, Selasa (17/3/2020).

Dengan masuknya enam hakim baru, katanya, maka kinerja akan semakin baik. Sebab proses persidangan akan semakin lancar, karena ada ketambahan dua Majelis Hakim.

“Pelayan pada masyarakat akan semakin maksimal,” tandas Marliyus.

Sementara Ketua PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu, Hj Sukmawati, S.H., M.H. lanjutnya, juga mutasi sebagai Wakil Ketua PN Jakarta Timur. Posisi Ketua PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu akan diisi olehnya.

“Posisi Wakil Ketua kosong. Mungkin akan terisi saat turun TPM-TPM berikutnya nanti,” ujar Marliyus.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan terkait hakim karier untuk penanganan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) di PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu.

Menurutnya, saat ini sudah ada dua, yakni Ernawati Anwar, S.H., M.H. dan Hj Aisa Mahmud, S.H., M.H.

“Sudah bertambah satu Ibu Aisa. SKnya (Hakim Tipikor) sudah ada,” tutur Marliyus.

Ditambahkannya, untuk Hakim Adhoc Tipikor tidak mengalami perubahan tetap tiga orang, walaupun Margono, S.H., M.H. dipindahkan ke PN Semarang. Sebab ada juga satu orang Hakim Adhoc Tipikor yang masuk dari PN Semarang.

Sebelumnya, tiga Hakim PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu dimutasi berdasarkan TPM 17 Januari 2020.

Ketiga hakim tersebut, yakni I Made Sukanada, S.H., M.H. pindah ke PN Kendari; Rosyadi, S.H., M.H. ke PN Tual serta Andri N Partogi, S.H., M.H. ke PN Banggai. [Revol]

About rajawalipost

Check Also

Bendahara Desa Bewa Divonis 3 Tahun Penjara

PALU,Rajawalipost.com – Ketua Majelis hakim Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri (PN) Palu menjatuhkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *