Sabtu , 18 September 2021
Bupati Tolitoli Amran Hi.Yahya (kiri) bersama Irfan Denny Pontoh (kanan). /Dok; Rajawalipost

Toli-Toli Banjir Lagi,Benarkah Pemerintah Tidak Serius..?

Genangan air dihalaman RSUD Mokopido Kabupaten Toli-Toli.(Foto: Ist)

☕Secangkir Kopi☕

Hari ini Rabu 15 Sep 2021,.kota Tolitoli banjir lagi, orang-orang pada teriak, segelintir orang ada pula curhat alias ngeluh nyinyir di medsos, tanpa mau tahu apa sudah dikerjakan dan apa akan dilakukan pemerintah, umumnya menyoroti keseriusan pemerintah.

Pertanyaannya, apakah benar pemerintah saat ini tidak serius ? Ini harus dijawab dulu, tanpa harus mencak-mencak, nyinyir membuly.

Saya bukan pemerintah, saat ini kapasitasku cuma sebatas Tim Pendamping Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tolitoli 2021-2026. Artinya, sedikitnya saya tahu apa telah dikerjakan dan direncanakan akan dilakukan pemerintahan Bapak Amran H Yahya dalam periode pertama ini (2021÷2024).

Kembali ke pertanyaan apakah pemerintah serius ? Ini secuil jawabannya.

Pertama, bahwa penanganan banjir dikota Tolitoli telah masuk dalam dokumen perencanaan daerah (RPJMD dan Renstra OPD terkait).

Kedua, 2021 ini Pemerintah sudah melakukan (proses lelang) dua kegiatan yang merupakan rangkaian dari komitmen penanganan banjir dikota Tolitoli, yakni kegiatan review penyusunan database drainase dalam Kota Tolitoli dan kegiatan studi Pemindahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Ketiga, 2021 ini, Pemerintah Daerah sudah melakukan komunikasi dan komitmen dengan Pemprov Sulteng/Gubernur Sulteng dan Pemerintahan Pusat, terkait dukungan dana APBD Provinsi dan APBN untuk kegiatan fisik penanganan banjir dalam kota Tolitoli dari hulu ke hilir.

Keempat, Pemerintah daerah lewat program gotong royong, mulai 2021 ini, terus menggairahkan partisipasi masyarakat, pegiat kebersihan dan dunia usaha.

Untuk soal ini butuh kesadaran seluruh masyarakat untuk satukan komitmen dan ikhtiar, “Stop Buang Sampah Sembarangan”.

Kelima, Pemerintah telah berikhtiar dan merencanakan terhitung mulai 2022÷2024, secara bertahap akan dilakukan pembangunan/pekerjaaan fisik berorientasi pada komitmem untuk menuntaskan persoalan banjir dalam kota Tolitoli.

Sejumlah kegiatan fisik, suport dananya direncananakan bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Tolitoli itu, antara lain :
a. Penataan/Pembangunan drainase dalam Kota Tolitoli.
b Pembangunan TPA sampah skala modern berlokasi dipinggiran kota Tolitoli.
c. Pembebasan lahan sepanjang wilayah kota Tolitoli dari hulu ke hilir.
d. Normalisasi sungai dalam kota Tolitoli skala besar dari hulu ke hilir.
e. dan lain-lain (untuk lebih jelasnya bisa di cek langsung dalam rencana strategis (renstra) masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Keenam, prinsipnya, sedikit sudah terjawab, terkait keseriusan pemerintah dalam menuntaskan persoalan banjir dikota Tolitoli.

Sekarang, tugas dan tanggungjawab kita (masyarakat), ayo bantu pemerintah, stop nyinyir dan berhentilah buang sampah sembarangan.

SALAM GOTONG ROYONG
Irfan Denny Pontoh,S.sos
Tim Pendamping Penyusunan RPJMD Tolitoli.

About rajawalipost

Check Also

Bupati Toli-Toli Amran H Yahya Dikukuhkan Sebagai TAU DAKO LIPU

TOLI-TOLI,Rajawalipost – Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *