Wakil Bupati Tolitoli Moh Besar Bantilan (kemeja bertuliskan AHY-MBB) meninjau lokasi pasca banjir di sungai Lembeh. (Foto: Ist)

Responsif Wakil Bupati Tolitoli Gerilya Ditiga Lokasi Banjir

TOLI-TOLI,Rajawalipost – Didampingi Sekda Moh. Asrul Bantilan,S.Sos, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR, Sekertaris BPBD, dan lurah kelurahan baru,Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan meninjau langsung tiga lokasi sungai dan lokasi banjir di Kecamatan Baolan, Kamis Pagi (16/09/2021).

Setelah menerima laporan dari sekretaris BPBD,Moh Besar Bantilan (MBB) langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tolitoli untuk mengunjungi lokasi terjadinya banjir di tiga lokasi berbeda.

“Setelah selesai bertemu dengan warga dan berdiskusi, Saya langsung menyampaikan kebapak bupati, dan sudah berkordinasi dengan bapak Bupati Tolitoli untuk penaganan sungai yang ada diKabupaten Tolitoli, karna saat ini Bapak bupati lagi berada di palu bersama kadis PUPR,” Bebernya.

Dilokasi Sungai Lembeh, Wakil Bupati meminta kepada Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli melalui Bidang sumber Daya Air Dan BPBD agar segera melakukan perhitungan, agar bisa dilakukan pelurusan dan pengerukkan sungai, sebagai antisipasi awal jika terjadi hujan lagi.

“Iya, setelah melihat secara langsung dilokasi banjir dan meninjau beberapa sungai saya sudah memerintahkan Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) dan BPBD untuk segera menangani tiga sungai yakni Lembeh, Kampung Kodok, dan sungai Kabelang,” Ungkap Moh.Besar Bantilan

MBB menambahkan, Penanganan ketiga sungai tersebut harus segera dilakukan dengan serius agar nantinya di musim penghujan tidak lagi terjadi banjir.

“Intinya cari sumber masalahnya, tinjau ulang agar kejadian ini tidak terjadi lagi, bahwa gunung yang ada di sungai lembeh mungkin sudah terjadi erosi, sudah tidak ada pohon, sehingga setiap hujan tiba pasti terjadi banjir. Makanya kita butuh gerakan konservasi, untuk jangka panjangnya, kedua lakukan recovery, biar nanti pemerintah daerah akan lakukan kordinasi dengan provinsi agar bisa segera menangani sungai yang ada di Tolitoli,” katanya.

Disinggung terkait bantuan makanan yang akan di berikan kepada warga,MBB menjelaskan saat ini pemerintah daerah tidak ingin hanya berpangku tangan dan melihat masyarakatnya susah, dan kami akan segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Untuk bantuan makan pemerintah daerah melalui BPBD Tolitoli akan segera menyalurkan bantuan makanan dan air bersih kepada masyarakat yang terdampak banjir,” Pungkasnya (R)

About rajawalipost

Check Also

Solidaritas Untuk Palestina, Driver Grab Palu Gelar Doa Bersama

SULTENG – Ratusan driver Grab di Sulawesi Tengah menggelar aksi solidaritas dengan mengadakan doa bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *