Dr. Johanis Tanak,SH. M.Hum (Foto: Ist)

Johanis Tanak Berpeluang Gantikan Lili Pantauli Siregar Di KPK

JAKARTA,Rajawalipost – Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tengah (Sulteng) Dan Jambi Johanis Tanak berpeluang dipilih oleh Presiden sebagai Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat ini, satu kursi Pimpinan KPK kosong usai Lili Pantauli Siregar mengundurkan diri dan telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

Persetujuan Presiden tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 71/P/2022 tertanggal 11 Juli 2022 tentang pemberhentian Lili Pintauli Siregar sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota/Pimpinan KPK.

Presiden Joko Widodo, seperti diberitakan sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya di Subang, Jawa Barat menyampaikan Ia akan secepatnya mengirim surat ke DPR untuk pengganti Lili Pantauli Siregar.

Pernyataan Presiden sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Dalam Pasal 33 Ayat 1 UU No 19 Tahun 2019 disebutkan “Dalam hal terjadi kekosongan Pimpinan KPK, Presiden RI mengajukan calon anggota pengganti kepada DPR RI”.

Peluang Johanis Tanak terbuka sebab Ia masuk dalam sepuluh besar calon anggota/pimpinan KPK yang dipilih oleh DPR pada 2019 lalu.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng berpeluang dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk diajukan ke DPR RI sebagai pengganti Lili Pantauli Siregar.

Dalam UU KPK Pasal 33 Ayat 2 disebut “Anggota pengganti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipilih dari calon Pimpinan KPK yang tidak terpilih di DPR RI sepanjang masih memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Pasal 29”.

Jika terpilih, pengganti Lili Pantauli Siregar akan menjabat sebagai Pimpinan/Anggota KPK sampai Desember 2023.

Hal itu sesuai penegasan lanjutan Pasal 33 Ayat 3 UU KPK yang berbunyi “Anggota pengganti Pimpinan KPK sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melanjutkan sisa masa jabatan pimpinan KPK yang digantikan”.

Adapun calon Pimpinan/Anggota KPK yang masuk sepuluh besar selain lima pimpinan/anggota KPK terpilih adalah I Nyoman Wara, Auditor pada Badan Pemeriksa Keuangan; Johanis Tanak, jaksa pada Kejaksaan Agung; Lutfhi K Jayadi, dosen Universitas Muhammadiyah Malang.

Lalu ada Roby Arya Brata, Asisten Deputi Ekonomi Makro, Perencanaan Pembangunan, dan Pengembangan Iklim Usaha, Sekretariat Kabinet; dan Sigit Danang Joyo, Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Keuangan.***

About rajawalipost

Check Also

BERTEMU PEDAGANG CIBADUYUT DI BANDUNG, WAKIL KETUA MPR: UMKM KUAT, EKONOMI SEHAT, NEGARA MANTAP

JAKARTA, Rajawalipost – Sekjen Gerindra Ahmad Muzani beraudiensi dengan ratusan pegiat UMKM Cibaduyut, di Gedung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *