(foto: Ist)

Kloter Pertama Pelaku Pungli BPN Kota Palu “Diinapkan” Di Rutan,Sederet Nama Bakal Menyusul

MAT menggunakan rompi orange didampingi kuasa hukumnya sesaat akan dibawa menuju rumah tahan maesa Palu. (Foto; Revol)

SULTENG,Rajawalipost – Penyidik Kejati Sulteng telah melakukan penahanan terhadap tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pungutan Liar pada Kantor Badan Pertanahan Kota Palu berinisial MAT. Kamis sore (29/9).

Pada saat melakukan aksi pungutan liarnya, MAT menjabat selaku Kepala Sub Seksi Penetapan Hak Tanah dan Pemberdayaan Hak Tanah Masyarakat pada Kantor Pertanahan Kota Palu.

Pemeriksaan sebelumnya MAT telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik,namun saat itu belum dilakukan penahanan dengan alasan sakit.

“Baru hari ini ditahan, sebelumnya belum ditahan karena tersangka masih sakit,” Jelas Kasi Penkum Mohamad Ronald diruang kerjanya.

Tersangka MAT disangka melanggar Pasal 12 huruf e, Pasal 12 huruf a, Pasal 11 jo. Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 Sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Klas IIA Palu.

Pungutan liar dilakukan MAT pada Kantor Badan Pertanahan Kota Palu diduga tidak dilakukannya seorang diri yang “hanya” menjabat selaku Kepala Sub Seksi.

Dugaan ini diperkuat dengan adanya pejabat lain pada Kantor Pertanahan Kota Palu yang juga dicopot dari jabatannya bersama dengan Tersangka MAT berinisial R.

Hal ini tentu saja membuat publik bertanya-tanya ada berapa banyak pejabat di Kantor Pertanahan Kota Palu atau bahkan di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulteng yang terlibat dalam dugaan korupsi pungutan liar ini dan berapa banyak pejabat atau pihak lain yang ikut “menikmati” hasil pungutan liar yang dilakukan oleh Tersangka MAT?

Publik berharap dengan ditahannya tersangka MAT akan membuatnya “bernyanyi” di hadapan penyidik siapa saja deretan nama oknum yang terlibat dan ikut menikmati hasil pungutan liarnya. (R)

About rajawalipost

Check Also

BERTEMU PEDAGANG CIBADUYUT DI BANDUNG, WAKIL KETUA MPR: UMKM KUAT, EKONOMI SEHAT, NEGARA MANTAP

JAKARTA, Rajawalipost – Sekjen Gerindra Ahmad Muzani beraudiensi dengan ratusan pegiat UMKM Cibaduyut, di Gedung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *