Koperasi MTP Siap Kerjasama Dengan PT. SMS Untuk Kesejahteraan Masyarakat Oyom

Ketua Koperasi Mitra Tambang Pesonguan Abdul Rachmad Pombang. (Foto: Ist)

TOLITOLI,Rajawalipost – Semangat masyarakat Desa Oyom Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendapatkan legalitas Wilayah Pertambangan rakyat (WPR) dan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dari pemerintah,tahun 2021 kurang lebih 870 Kepala Keluarga menandatangani persetujuan mendirikan Koperasi yang di beri nama Koperasi Mitra Tambang Pesonguan (MTP).

Nama pesonguan sendiri diambil dari bahasa suku dondo yang berarti “Persatuan”. Hal ini disampaikannya dihadapan sejumlah masyarakat,tokoh adat dan pengurus Koperasi MTP saat awak media ini melakukan lawatannya ke Desa Oyom,Rabu (14/12)

“kenapa kami menggunakan nama Pesongoan atau Persatuan menjadi nama Koperasi kami,karena kami ingin menikmati kekayaan alam yang di anugerahi Tuhan di Desa Oyom untuk kesejahteraan bersama,” terang Marwan penasehat Koperasi MTP.

Lanjut marwan,Ada 17 poin komitmen yang kami bangun dengan masyarakat.

SYARAT DAN KETENTUAN TERKAIT RENCANA PENGELOLAAN POTENSI MATERIAL TAMBANG TEMBAGA DI DESA OYOM

  1. Bahwa Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat dan peluang kerja bagi setiap kepala keluarga. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  2. Bahwa Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia mendukung ketersediaan Fasilitas Keschatan Gratis, memfssilitasi persalinan gratis dan obat-obatan bagi Masyarakat. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  3. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia memfasilitasi program makanan tambahan bergizi pada setiap kegiatan posyandu dan untuk anak PAUD setiap sebulan sekali. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  4. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pcsonguan berscdia menyiapkan bantuan biaya pendidikan untuk anak sekolah serta kesejahteraan guru honorer baik Sekolah Dasar maupun Pendidikan Anak Usia Dini. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  5. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menyiapkan tunjangan sembako untuk mayarakat secara merata pada setiap kepala keluarga yang terdaftar scbagai warga desa oyom. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  6. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia memfasilitasi perbaikan jalan bagi kepctingan petani dan masyarakat umum. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  7. Bahwa Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menjadi Sponsor bagi klub-klub olahraga dan kesenian pemuda dan pemudi desa oyom. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  8. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia memfasiltasi pembangunan dan atau rehabilitasi rumah ibadah. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  9. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia memfasiltasi pengadaan tanah pekuburan untuk umat Islam dan Umat Kristen. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  10. Bahwa , Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menyiapkan biaya hidup untuk lansia dan anak yatim piatu serta penderita gangguan jiwa. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  11. Bahwa , Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menyiapkan Hewan kurban (sapi) setiap hari raya idul adha. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  12. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menyiapkan bantuan biaya pendidikan bagi anak yatim dan anak yatim piatu. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi)
  13. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menyiapkan rumah layak huni bagi pecahan kk dari keluarga yang kurang mampu yang masih hidup serumah dengan kepala keluarga yang iain. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  14. Bahwa , Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menunjang kesejahteraan pengurus masjid dan gereja. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  15. Bahwa , Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia membangun Tempat Pengajian Anak dan menjamin kesejahteraan guru-guru mengaji. (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).
  16. Bahwa, Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia menyiapkan langkah pencegahan dan antisipasi penanggulangan bencana alam. (Menyesuaikan volume pembelian/produksi).
  17. Bahwa,Koperasi Mitra Tambang Pesonguan bersedia untuk mendukung upaya pemberdayaan masyarakat adat dan menyiapkan dana pendukung agar hal-hal menyangkut, pendidikan, kesehatan, perekonomian serta social budaya masyarakat adat semakin meningkat dan mampu bersaing dengan masyarakat adat didaerah lain . (Menyesuaikan dengan volume pembelian/produksi).

“untuk membiayai komitmen Koperasi MTP kepada Masyarakat tersebut,MTP hanya meminta kepada Investor dalam 1 kilogram Material tambang cukup Rp.1000 (seribu Rupiah) untuk masyarakat. Cukup mudahkan.?” papar Marwan.

Ketua Koperasi Mitra Pasongoan Abdul Rachmad Pombang di dampingi Sekretaris Kamal Pasha,Dewan Penasehat MTP Marwan,Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Tolitoli Muding Dg. Masese,mengatakan bahwa koperasi MTP dan masyarakat Oyom bersedia bekerjasama dengan siapa saja termasuk dengan PT. Sulteng Mineral Sejahtera (SMS) karena memang tujuan di bentuknya Koperasi MTP semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat Oyom.

“kami membuka diri bekerjasama dengan siapa saja termasuk berharap bisa menjalin kerjasama dengan PT. SMS sepanjang bisa menemui kesepakatan melaksanakan konsep tersebut  untuk kesejahteraan masyarakat Desa Oyom,” Tegasnya.

Terkait 17 Program kerja Koperasi Mitra Tambang Pesonguan, sekretaris MTP Kamal Pasha menambahkan bahwa  Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura sudah mengamanatkan agar desa Oyom dijadikan smart vilage (Desa Pintar) dan jangan ada lagi rumah miskin serta maksimalkan pemanfaatan potensi tambang rakyat itu sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

“Sudah kita paparkan ke pak gubernur terkait program kesejahteraan masyarakat yang digagas oleh koperasi mitra tambang pesonguan, saat itu kami didampingi oleh kepala desa Oyom, dan perwakilan dari PT Wanhong, pak gubernur sangat senang karena itu adalah harapan beliau selama ini, bahkan Ka’ Cudy tegaskan agar jangan ada lagi rumah miskin di Oyom, buat itu jadi smart vilage, Desa Pintar,” Ungkapnya. (R)

About rajawalipost

Check Also

Dr. Anwar Hafid Janji Selesaikan Masalah Tapal Batas dan Infrastruktur di Lalundu

RajawaliPost,DONGGALA – Desa Mini Makmur Lalundu 1, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, menjadi tempat ketiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *