MENUJU AKREDITAS PARIPURNA, NIRWANSYAH PARAMPASI :BISMILLAH, RSUD MADANI SIAP DISURVEI

 

PALU, Rajawalipost – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani Palu provinsi Sulawesi Tengah, dalam waktu dekat akan berubah status menjadi RS berakreditas paripurna. Untuk menuju RS akreditas bintang 5 itu, manajemen RSUD Madani tengah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mempersiapkan kedatangan tim surveior dari lembaga akreditas rumah sakit Danar Husada Paripurna (DHP) pada tanggal 13-14 Februari 2023 yang diketuai dr.Irfan,M.Kes.Sp.PK.

Menanggapi hal itu, direktur RSUD Madani dr. Nirwansyah Parampasi, Sp.PA usai daring (meeting zoom) persiapan akreditasi di gedung serba guna RSUD Madani, Kamis (9/2/2023) menjelaskan, dalam aturan Kemenkes RI, seluruh RS di Indonesia harus diakreditasi untuk melihat mutu pelayanan RS sesuai standar Kemenkes RI. RSUD Madani kata Om Dokter -saoaan Nirwansyah- RSUD Madani pernah diakretasi tahun 2017 dan hanya mendapat predikat utama bintang 3. “Makanya tahun ini kami targetkan RSUD Madani menjadi bintang 5 atau berakreditasi paripurna dan untuk mencapai akreditasi paripurna itu, kami sudah bekerjasama dengan tim survei lembaga akreditasi RS DHP,,” ujar om dokter.

Nirwansyah Parampasi mengatakan, kesiapan akreditasi tidak hanya mencakup peran dokter atau perawat saja, tetapi cleaning service juga harus berperan. “Yang dinilai seluruh komponen Biar dokternya baik tapi cleaning service dan bagian gizi tidak baik, maka tidak masuk kategori akreditasi paripurna,” urainya sembari menambahkan jumlah dokter ahli di RSUD Madani sebanyak 22 dan 16 orang dokter umum.

Ketika disinggung faktor pendukung menuju akreditasi paripurna, Nirwansyah secara gamblang menguraikan, manajemen RSUD Madani yakin akan kesiapan internal termasuk sarana dan orasana RS, staf RS dan kesiapan finansial serta faktor eksternal seperti kesiapan lembaga survei akreditasi yang menilai RSUD Madani. “Jadi tidak serta Merta tim survei langsung datang menilai, tetapi kita harus mengirim dokumen terlebih dulu. Kalau tidak siap bisa ditunda surveinya,” tandasnya.

Sekadar diketahui, RS di Sulteng yang sudah berakreditasi paripuna yakni RS Samaritan dan RS Bala Keselamatan (BK) dan setiap 3 tahun sekali akan dilakukan survei akreditasi kembali apakah RS tersebut tetap berstatus paripurna atau turun peringkat. (#/Naf)

About rajawalipost

Check Also

Dr. Anwar Hafid Janji Selesaikan Masalah Tapal Batas dan Infrastruktur di Lalundu

RajawaliPost,DONGGALA – Desa Mini Makmur Lalundu 1, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, menjadi tempat ketiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *