Demokrat Sulteng Nobar Pidato Politik, AHY Sindir Pertumbuhan Ekonomi Rendah, Hutang Meroket

Palu – DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah menggelar Nonton Bareng (Nobar) pidato politik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Jumat (14/7/2023) Malam.

AHY menyampaikan pidato politik soal ‘Agenda Perubahan dan Perbaikan untuk Indonesia yang Lebih Baik’ disiarkan disiarkan secara serentak oleh sejumlah TV nasional.

Dalam pidatonya, AHY menyoroti berbagai permasalahan. Salah satunya adalah soal utang negara dan BUMN yang meroket. Hal ini dinilai AHY berdampak terhadap kesejahteraan rakyat.

Meskipun ada capaian, lanjut AHY, tetapi harus kita akui secara jujur, sembilan tahun terakhir terjadi sejumlah kemandekan, dan bahkan kemunduran serius.
“Pertumbuhan ekonomi menurun. Jauh di bawah yang dijanjikan tujuh persen hingga delapan persen. Pertumbuhan ekonomi stagnan di angka lima persen. Bahkan, sempat anjlok ketika pandemi Covid-19,” kata AHY.

“Akibatnya, penghasilan dunia usaha dan kesejahteraan rakyat terpukul. Daya beli golongan menengah ke bawah juga menurun. Kemiskinan dan pengangguran meningkat. Sementara itu, ketika ekonomi tumbuh rendah, yang meroket justru utang kita, baik utang pemerintah maupun BUMN,” AHY menjelaskan.

AHY mengungkap lima klaster permasalahan Indonesia dalam pidato politiknya. Kelima klaster itu adalah ekonomi dan kesejahteraan rakyat, sumber daya manusia dan lingkungan hidup, hukum dan keadilan, demokrasi dan kebebasan rakyat, serta tata negara dan etika pemerintahan.

Merespons pidato politik AHY, Bendahara DPD Partai Demokrat Sulteng Andi Jumriani Hamka menegaskan, pihaknya mengapresiasi kinerja baik pemerintahan selama ini. Namun Demokrat juga punya pandangan berbeda yang menyoroti berbagai persoalan di Tanah Air.

Calon anggota DPRD Kota Palu dapil Kecamatan Palu Selatan- Tatanga menambahkan bahwa Demokrat pun tentunya siap meneruskan program-program pemerintah yang sudah baik dan program yang kurang baik akan diperbaiki.

” Demokrat tidak berniat menghilangkan program-program yang telah dibangun oleh pemerintahan Presiden Jokowi selama ini. Yang bagus akan kami teruskan, Tapi yang kurang bagus tentu akan kami perbaiki,” ucap Andi Jumrian Hamka bersama para kader, usai Nobar Pidato AHY di kantor DPD Demokrat Sulteng.

AHY dalam pidato politiknya juga menilai bahwa program pro rakyat pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) perlu dijalankan kembali.

“Program pro rakyat perlu kita tingkatkan kembali, misalnya PNPM, KUR dan BOS. Program yang bagus tentu kita harap diteruskan kembali, yang kemarin tidak ada, kita adakan lagi,” tandasnya.

Penulis : Agus Gerbek.

About rajawalipost

Check Also

Ayo Berdonasi ke Sahabat Masjid Agar Banyak Bisa Terbantu

PALU,Rajawalipost – Yayasan Sahabat Masjid mengambil bagian dalam acara hari tanpa kenderaan bermotor (car free …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *